Minggu, 03 April 2011

PROGAM BEASISWA KERJA FAKULTAS PERTANIAN-PETERNAKAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TAHUN 2011

A. Latar Belakang

Pada era globalisasi, pengembangan sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan masih tetap sangat diperlukan, baik sebagai penyedia bahan pangan, pakan maupun sebagai penyangga kelestarian lingkungan hidup. Dari waktu ke waktu kebutuhan pangan dan pakan akan terus meningkat seiring dengan makin bertambahnya jumlah penduduk. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila peluang kerja sebagai pengusaha disektor tersebut masih sangat terbuka lebar. Disamping itu, permintaan terhadap sarjana-sarjana baru dibidang pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan sarjana teknologi pangan dari berbagai perusahaan yang diajukan ke Fakultas Pertanian-Peternakan dari waktu ke waktu juga terus meningkat. Beberapa perusahaan yang secara rutin mengajukan permintaan sarajana-sarjan baru tersebut antara lain adalah PT Tanobel Pandaan, PT Bumitama Gunajaya Agro, PT Wonokoyo Group, Bank BRI, PT Jafa, PT Pokphan, HPI Agro, Satwa Unggul Group, PT Makin Group, PT First Resources Limited, PT Agrimakmur Pertiwi, PT Central Proteinaprima, IMC Group, PT Agro Lestari, PT Asian Hybrid Seed, Ciliandra Perkasa Group.

Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab terhadap upaya untuk mewujudkan swasembada pangan, maka Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang memberikan kesempatan kepada para lulusan SMA/SMK/MA yang memiliki persatasi akademik yang baik akan tetapi berasal dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan studi melalui jalur beasiswa kerja. Beasiswa kerja adalah dana talangan untuk biaya studi yang diberikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah kepada mahasiswa yang melanjutkan studi di jurusan-jurusan di lingkungan Fakultas Pertanian-Peternakan, yang meliputi Jurusan Agroteknologi (Agronomi), Agribisnis, Peternakan, Perikanan, Kehutanan dan Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan.

Beasiswa Kerja yang dimaksud adalah biaya talangan dari Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang bagi mahasiswa angkatan 2011/2012 yang melanjutkan studi S1 pada Jurusan-jurusan di lingkungan Fakultas Pertanian-Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang. Biaya yang dimaksud meliputi biaya her-registrasi, Dana Pengembangan Pendidikan (DPP), SPP, dan biaya penunjang kuliah lainnya, sejak awal sampai dia menyandang gelar kesarjanaan. Dana tersebut harus dikembalikan ke Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang ketika yang bersangkutan sudah bekerja atau sebelum lulus kesarjanaannya. Selama masa studi, para penerima beasiswa kerja berpeluang besar untuk mendapatkan beasiswa, baik dari pemerintah maupun dari perusahaan mitra UMM, seperti dari PT Djarum, PT. Bumitama Gunajaya Agro, PT. Wonokoyo, PT. Charoen Pokphand Indonesia, dll. Disamping itu juga terbuka kesempatan untuk mendapatkan penghasilan sendiri dari berbagai profit centre yang ada di dalam kampus, seperti University Farm, maupun dari luar negeri, seperti summer job program di Amerika Serikat dan Kanada.

B. Tujuan

1. Mewujudkan salah satu komitmen Perguruan Tinggi Muhammadiyah untuk membantu anak bangsa yang memiliki prestasi akademik yang baik, akan tetapi secara ekonomi kurang mampu.
2. Menyediakan tenaga kerja yang professional dan amanah di bidang Pertanian-Peternakan bagi instansi dan Perusahaan Nasional/ Internasional.


C. Persyaratan Umum Beasiswa Kerja

1. Warga Negara Indonesia
2. Calon mahasiswa mempunyai keinginan yang kuat untuk menekuni dan memajukan profesi dibidang Agribisnis, Agroteknologi (Agronomi), Peternakan, Perikanan, Kehutanan serta Ilmu dan Teknologi Pangan.
3. Mempunyai nilai Akademis yang memadai, minimal nilai STTB rata-rata 7.
4. Usia maksimal 22 tahun terhitung sejak September 2011 dan sanggup untuk tidak menikah selama kuliah.
5. Calon Mahasiswa dari keluarga tidak mampu, dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah atau Kepala Desa.
6. Beasiswa Kerja Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang Periode 2011/2012 meliputi Pembiayaan DPP, SPP, dan biaya penunjang lainnya.
7. Bagi calon mahasiswa yang menginginkan beasiswa kerja di FPP UMM pada bagian-bagian tertentu diperbolehkan, misalkan pembiayaan pada DPP dan SPP saja.
8. Bersedia mengikuti test Psikologi dan Test Ujian Masuk Universitas Muhammadiyah.
9. Ijasah bagi mahasiswa peserta Program Beasiswa Kerja yang sudah lulus akan diberikan apabila yang bersangkutan sudah melunasi biaya studi yang telah diberikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.
10. Bersedia menandatangani kontrak kerjasama dengan pihak pemberi beasiswa kerja (Yayasan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang).
11. Mentaati semua aturan atau ketentuan yang berlaku di Universitas Muhammadiyah Malang, termasuk aturan dan ketentuan yang dikenakan bagi mahasiswa regular sebagaimana yang tercantum di dalam booklet.

D. Syarat Pendaftaran

1. Mengisi formulir pendaftaran.
2. Membayar uang pendaftaran Rp.175.000,-.
3. Melampirkan fotokopi rapor yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (untuk jalur prestasi akademik).
4. Melampirkan piagam/sertifikat prestasi non akademik (untuk jalur minat dan bakat).
5. Menyertakan surat pengantar dari Kepala Sekolah dan atau Pimpinan organisasi kemasyarakatan (boleh salah satu)
6. Melampirkan pas foto 3x3 sebanyak 2 lembar.
7. Melampirkan surat keterangan/daftar gaji penghasilan orang tua dari lembaga,instansi, atau kepala desa.
8. Melampirkan fotokopi rekening listrik dua bulan terakhir.


E. Teknis Pendaftaran

1. Formulir pendaftaran dapat diambil pada tanggal 23 Mei - 16 Juni 2011 di Fakultas Pertanian Peternakan UMM.
2. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke rekening Bank Jatim Unit UNMUH Malang No. Rek.0041038888 atau BNI Capem UNMUH Malang No. Rek.0053083939 atau Bank setempat di seluruh Indonesia. Bukti transfer (asli) dan berkas persyaratan lainnya dikumpulkan ke Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian-Peternakan Universitas Muhammadiyah Malang dari tanggal 23 Mei - 18 Juni 2011.
3. Pengumuman hasil seleksi program Beasiswa Kerja akan disampaikan pada 2 Juli 2011 yang akan dikirim langsung ke alamat peserta dan via telpon yang direkomendasikan oleh pelamar.


F. Informasi Lain

* Bagi para calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diundang ke kampus FPP UMM untuk mengikuti tes wawancara dan tes minat bakat.
* Apabila dianggap perlu, Perusahaan Mitra Fakultas Pertanian-Peternakan UMM dapat berpartisipasi di dalam proses seleksi dalam rangka pemberian beasiswa ikatan dinas dari mitra tersebut.
* Bagi yang diterima pada Program Beasiswa wajib registerasi tanggal 7-14 Juli 2011.



>> Lihat Brosur Beasiswa Kerja 2011


sumber : http://pertanian-peternakan.umm.ac.id/home.php?lang=id&c=02020816

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga bermanfaat yeah plendz.
Salam ukhuwah selalu. .